apa sih yang kamu tahu tentang kepemimpinan itu???
Mmmmm, oke sekarang dalam post ini, kami akan berbagi pengalaman saat kita dulu melaksanakan kegiatan LDK buat yang para penegak Bantara yang lagi baru-barunya nih hehe. Tepatnya tanggal 20 sampai 21 Oktober 2012. Pokoknya kegiatan itu banyak banget ilmu yang kami dapatkan. Pengalaman ini jadi salah satu yang memotivasi kami untuk jadi yang lebih baik lagi. Tapi tenang aja, kami akan sedikit berbagi dengan pengalaman yang kami dapatkan. Kok sedikit sih??? Ya emang sedikit, kalo banyak ya berarti itu referensi dong, hehe. Maaf becanda sedikit.
Oke langsung aja ya, gambar dibawah ini merupakan salah dari kegiatan malam LDK yang kami lakukan.

DSCN2003.JPGNah, kegiatan ini waktu kami diberi materi oleh pembina pramuka kami yang tercinta(ciecie tercinta) yaitu bapak Dr. Supriyadi. Ilmu yang beliau berikan malam itu begitu berharga buat kami. Sehingga ada pepatah yang mengatakan “aku dengar aku lupa, aku catat aku ingat, aku amalkan aku paham” itu begitu benar buat kami.
Kami sangat antusias dalam menerima materi yang Pak Supriyadi berikan ini. oke, mungkin para pembaca bingung apa sih yang kami dapat malam itu. Oke, akan kami bagi ilmu yang kami dapatkan.




Kepemimpinan
Pemimpin merupakan faktor penentu dalam menentukan hasil usaha yang dilakukan oleh suatu organisasi. Sehingga pada prinsipnya, pemimpinlah yang mempunyai kesempatan paling besar untuk “merubah jerami menjadi emas“ atau “merubah tumpukan uang menjadi abu“. peribahasa tersebut menjelaskan bahwa faktor pemimpin merupakan faktor utama yang dapat menentukan maju mundurnya juga bisa hidup matinya suatu usaha bersama dan kepemimpinan merupakan kunci pembuka suksesnya organisasi / usaha.
Ada beberapa teori kepemimpinan dengan menonjolkan dari latar belakang historis (sejarah), sebab-sebab timbulnya kepemimpinan, syarat menjadi pemimpin, sifat-sifat utama, tugas dari seorang pemimpin, dsb.
  Latar belakang sejarah
Kepemimpinan muncul bersama-sama dengan adanya peradaban manusia. Yaitu sejak nenek moyang manusia berkumpul bersama dan terjadi kerjasama antar manusia. Pada saat itu akan muncullah seorang manusia yang paling tua, paling kuat, paling cerdas, paling bijaksana, atau paling berani yang menjadi pemimpin.
Sebab sebab munculnya seorang pemimpin :
a.       Teori genetis , yang menyatakan peimpin itu tidak dibuat tetapi pemimpin itu timbul atau ada dengan sendirinya.
b.      Teori sosial , pemimpin itu harus dipersiapkan ( melalui pemndidikan ), setiap orang bisa  menjadi pemimpin bila mendapat pendidikan yang layak.
c.       Teori ekologis ( sintetis ), pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang mempunyai bakat memimpin dan kemudian dikembangkan melalui usaha pemdidikan dan pengembangan pengalaman.

4.     Syarat-Syarat Kepemimpnan
Hal ini dikaitkan dengan 3 hal yang  penting, yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yaitu:
1.      Kekuasaan
2.      Kewibawaan
3.      Kemampuan
Selain itu pula harus diperhatikan penguasaan konsep-konsep, potensi yang dimiliki, serta motivasi yang dapat ditumbuhkan ( kadang-kadang ambisi juga diperlukan ). Kepemimpinan harus mempunyai unsur kemampuan untuk mempengaruhi orang lain ( bawahan atau kelompoknya ) untuk melakukan suatu pekerjaan dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

5.     Teknik Kepemimpinan
Dengan kemampuan dan keterampilan teknis secara sosial, seorang pemimpin dapat menerapkan teori-teori kepemimpinan dalam kegiatan sehari-harinya. beberapa teknik kepemimpinan meliputi beberapa kategori yaitu :
1.      Etika profesi pemimpin yaitu kewajiban yang dimiliki seorang pemimpin, bagaimana seharusnya tingkah laku sorang pemimpin dan pengembangan moralnya.
2.      Dinamika kelompok, yaitu terjadinya interaksi ( hubungan timbal balik ) antar setiap anggota kelompoknya.
3.      Komunikasi , arus informasi dan emosi yang tepat, penyampaian perasaan, pikiran dan kehendak kepada individu atau kelompok lain.
4.      Pengambilan keputusan ( decision making ) adalah suatu hal yang sangat penting bagi seorang pemimpn walaupun sebenarnya cukup sulit.
5.      Keterampilan berdiskusi ( melakukan kompromi ), diskusi berasal dari bahasa latin ( disccucio ) yang artinya memecahkan dalam berbagai potongan ( bagian ). artinya diskusi itu bertujuan untuk memecahkan masalah untuk mencari jalan keluarnya dengan mengambil kesimpulan.

6.     Sifat - Sifat Pemimpin
Pemimpin itu harus mempunyai sifat-sifat yang baik antara lain :
1.      Kuat mental dan fisiknya
2.      Bersemangat
3.      Ramah-tamah dan kasih sayang
4.      Jujur
5.      Mempunyai kemampuan (  keterampilan )
6.      Tegas dan cepat dalam mengambil keputusan
7.      Cerdas dan bijaksana
8.      Berpengalaman
9.      Dapat dipercaya
10.  Dapat mengendalikan emosinya ( stabil )
11.  Bersifat objectif dan adil
12.  Bisa memberi perintah, celaan, pujian, dan koreksi
13.  Bisa menerima saran / kritik
14.  Memperhatikan kelompoknya
15.  Menciptakan disiplin dengan memberi contoh

7.     Tipe-tipe ( Gaya ) Kepemimpinan
Pemimpin itu mempunyai sifat, kebiasaan, dan temperamen watak serta kepribadian sendiri yang unik dan khas sehingga berbeda dengan yang lainnya. Ada beberapa tipe yang baik dan ada juga yang buruk, atau malah ada juga yang merupakan gabungan dari keduanya, seperti contoh-contoh dibawah ini  :
1.      Tipe Deserter ( Pembelot ), adalah tipe pemimpin yang bermoral rendah, tidak mempunyai loyalitas ( rasa pengabdian/memiliki ) dan tidak merasa terlibat.
2.      Tipe Birokrat, adalah tipe seorang pemimpin yang patut, taat, cermat, dan keras dalam menegakkan peraturan.
3.      Tipe Missionaris, adalah tipe seorang pemimpin yang terbuka, penolong, ramah, dan lembut hati.
4.      Tipe Developer ( Pembangun ), adalah tipe seorang pemimpin yang kreatif, dinamis baik dalam pelimpahan wewenang, juga percaya kepada para bawahannya.
5.      Tipe Otokrat, adalah tipe seorang pemimpin yang tegas tetapi cenderung kasar, sedikit bersifat diktatorris, mau menang sendiri, keras kepala, angkuh dan bandel.
6.      Tipe Benevolent Autocrat ( Otokrat Yang baik ), adalah tipe seorang pemimpin yang baik, lancar, dan tertib dalam melaksanakan peraturan juga ahli dalam mengorganisir.
7.      Tipe Compromiser ( Pengkompromi ), adalah tipe seorang pemimpin yang sifatnya mudah berubah  ( tidak tetap ) pendirian dan lemah dalam mengambil keputusan.
8.      Tipe Eksklusif, adalah tipe seorang pemimpin yang dapat memberikan motivasi serta menjadi contoh, tekun, pandangan serta wawasannya cukup luas.
9.      Tipe Kharismatik, adalah tipe seorang pemimpin yang mempunyai kelebihan daya tarik dan pembawaan tinggi. Dianggap oleh para pengikut/bawahannya, bahwa pemimpin tipe ini mempunyai kelebihan, kekuatan yang luar biasa yang dapat membuat banyak orang kagum.
10.  Tipe Paternalistik atau kebapakan, adalah mempunyai sifat kebapakan, suka melindungi tetapi jarang memberi kesempatan, banyak mengambil keputusan sendiri, suka berinisiatif, banyak fantasi, dan tidak mudah percaya pada orang lain.
11.  Tipe Milisteristis, adalah tipe seorang pemimpin yang suka memerintah, menghendaki kepatuhan yang mutlak/sepenuhnya dari bawahannya/anggotanya, banyak unsur formalitas kerja serta disiplin yang kaku.
12.  Tipe Administratif, adalah tipe seorang pemimpin yang baik dalam penyelenggaraan administrasi, seperti ketatausahaan yang rapih, berfikir efektif dan efisien.

Nah itu merupakan beberapa hal yang kami dapatkan saat kegiatan LDK ini. dalam kegiatan ini kami mendapatkan banyak  hal khususnya bidang kepemimpinan. Dan kami harap dengan dipostnya kegiatan ini akan dapat membantu teman teman semua dalam mencari pengetahuan tentang kepramukaan khususnya tentang kepemimpinan. Akhir kata, terima kasih bagi yang mau membacanya. Salam pramuka !!

Nih foto-foto kami saat LDK kemaren hehe.
DSCN1927.JPG
DSCN2056.JPG
DSCN2131.JPG

DSCN1924.JPG

SMILING LDK.jpgDSCN2060.JPG
 
PRADIKA © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top